Cara Jitu Optimasi Profil Instagram yang SEO Friendly

Optimasi Profil Instagram SEO

Tau nggak sih? Kalau ternyata optimasi SEO tidak hanya di situs website saja lho, melainkan juga di media sosial seperti di Instagram. Hah, gimana caranya? Nah, bagi kamu yang penasaran, di artikel kali ini kita akan belajar tentang bagaimana optimasi profil Instagram yang SEO friendly untuk jangkauan Instagram bisnis yang makin luas.

Dalam era kemajuan digital, Instagram tidak hanya menjadi sebuah media berbagi, tetapi juga menjadi media dalam membantu mengembangkan sebuah bisnis. Saat ini, banyak para penggiat usaha yang memanfaatkan media sosial untuk ajang branding dan memperluas jangkauan bisnis mereka.

Mengapa harus Instagram?

Sebab, Instagram memiliki banyak keunggulan untuk mendukung branding dalam bisnis, diantaranya:

  • Menjadi salah satu media sosial dengan pengguna terbanyak, sehingga peluang untuk memperluas jangkauan menjadi besar.
  • Dilengkapi dengan fitur beragam yang mendukung kreativitas dalam branding produk atau jasa.
  • Dilengkapi dengan fitur insight yang dapat membantu dalam melihat perkembangan akun dan sebagai bahan untuk menentukan strategi konten.
  • Dilengkapi fitur Ads.

Yuk! Simak sampai tuntas tentang apa itu SEO pada Instagram hingga optimasinya di profil Instagram.

Apa itu SEO pada Instagram?

Mungkin kita sudah sering mendengar apa itu tentang SEO, terutama yang berkaitan dengan konten untuk sebuah website. Singkatnya, SEO (Search Engine Optimization) adalah sebuah teknik dengan tujuan memudahkan mesin pencari untuk menemukan halaman/website dan menempatkannya di halaman awal pencarian sesuai dengan keyword yang ditentukan oleh user.

Tidak jauh berbeda penerapannya pada website atau sebuah halaman, SEO pada Instagram juga memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk menaikkan peringkat profil instagram dalam menu pencarian di Instagram. Dalam menerapkan SEO pada Instagram, kita dapat mengoptimalkannya dari melalui optimasi profil, penggunaan hashtag dan dari konten itu sendiri.

Lalu, apa dampaknya jika kita menerapkan SEO pada Instagram?

Baca artikel lainnya juga: [Mengenal Branding dan Macam-Macam Strateginya]

Dampak Positif Menerapkan SEO pada Instagram

Selain akan menaikkan peringkat pencarian profil Instagram, menggunakan SEO di Instagram akan memudahkan akunmu untuk ditemukan oleh calon followersmu.

Ketika akun Instagram-mu mudah ditemukan, maka akan mudah pula untuk menambah jumlah followers hingga menaikkan jumlah engagement konten. Dampak ini akan banyak berpengaruh apalagi dengan Instagram yang kamu gunakan untuk keperluan bisnis.

Hal ini tentunya akan sangat membantu dalam membangun brand awareness untuk produkmu bahkan hingga membantu untuk pemasaran produk atau jasamu.

Tips Optimalkan Profil Instagram yang SEO Friendly

Nah, sekarang MinRi akan berbagi beberapa tips yang dapat kamu terapkan untuk mengoptimalkan profil Instagram supaya lebih ramah terhadap mesin pencari (SEO). Dengan menerapkan tips-tips ini secara konsisten, Minri harap, bisa meningkatkan visibilitas profil Instagram kamu secara organik dan mendapatkan lebih banyak pengikut serta interaksi yang berarti ya.

Lalu, apa saja sih tipsnya? Simak penjelasan di bawah ini ya.

1. Username

Nama pengguna adalah salah satu hal pertama yang dilihat orang ketika mengunjungi profil kamu. Pilih nama pengguna yang mencerminkan merek kamu dan mudah diingat. Jika memungkinkan, sertakan kata kunci yang relevan untuk menggambarkan bisnis atau niche-mu.

Misalnya, jika kamu adalah seorang yang ingin berbisnis hijab, kamu dapat menggunakan nama pengguna seperti @hijabsarah, @hijab.sarah, @dailyhijab @hijabsyari_. Usahakan untuk menggunakan username yang sederhana, sehingga peluang akunmu untuk ditemukan menjadi lebih mudah.

2. Foto Profil

Foto profil adalah aspek penting lainnya dari profil Instagram. Usahakan untuk menggunakan gambar yang berkualitas tinggi dan mudah dikenali dan mewakili merekmu. Hindari menggunakan gambar yang buram atau berpixel, karena dapat membuat profilmu terlihat tidak profesional. #SobatBerdikari juga dapat mengunggah foto profil yang ikonik dan mencerminkan identitas dirimu ya, misalnya, seperti foto profil hijab warna hijau sage, baby blue, dan lain-lain.

Atau, jika #SobatBerdikari mempunyai logo toko, tentunya kalian bisa memakainya sebagai foto profil. Dengan logo, akun Instagrammu bakal tampak lebih terpercaya dan profesional lho.

3. Display Name

Display name atau nama tampilan adalah nama akun Instagram yang mudah untuk diubah. Posisinya tepat di bawah foto profil. Kamu dapat memanfaatkan teknik SEO untuk penamaan display name kamu. Seperti halnya pada contoh pertama, jika kamu ingin menjalani ide bisnis hijab, kamu dapat menggunakan kata “Toko Koleksi Hijab Terlengkap”, atau lain sebagainya dengan memasukkan kata hijab.

Baca artikel menarik lainnya: [Simak Manfaat Dahsyat Logo bagi UMKM]

4. Penulisan Bio

Bio adalah tempat di mana kamu dapat memberikan deskripsi singkat tentang bisnis, merek atau produkmu. Gunakan ruang ini dengan bijak untuk menyampaikan pesan merek meliputi manfaat, keunikan dan jangan lupa sertakan kata kunci yang relevan. Buat penulisan biomu singkat dan menarik serta gunakan emoji untuk menambahkan kepribadian.

5. CTA & Tautan

CTA (Call to Action) adalah sebuah kata ajakan yang diharapkan dapat menarik konsumen untuk mengikutinya. Kamu dapat menggunakan seperti kata “Contact Us”, “Beli di Sini”, “Join with Us”, dan lain sebagainya.

Selain itu, jangan lupa untuk menyertakan satu tautan yang dapat diklik untuk mengarahkan lalu lintas ke situs web, blog, atau profil media sosial lainnya. Atau kamu juga dapat menggunakan alat seperti Linktree untuk membuat halaman arahan khusus dengan beberapa tautan.

6. Highlight

Highlight Instagram adalah salah satu fitur Instagram yang memungkinkan pengguna untuk dapat menyimpan stories atau cerita lebih dari 24 jam. Kamu dapat mengemasnya dengan cara yang bagus, seperti membuat kategori dari produk atau jasamu, testimoni hingga BTS. Selain itu, agar terlihat lebih rapi, kamu dapat menambahkan cover highlight.

7. Konten Menarik

Terakhir, aspek terpenting dari mengoptimalkan profil Instagram adalah dengan memposting konten yang menarik dan berkualitas tinggi secara teratur. Gunakan campuran foto, video, dan cerita untuk menjaga minat audiens mu dan mendorong mereka untuk berinteraksi dengan kiriman yang kamu buat.

Selain itu, jangan lupa juga untuk menerapkan SEO pada setiap postinganmu dengan memanfaatkan hashtag dan alternative text yang sesuai dengan materi postingan.

Itu dia tips sederhana untuk optimasi profil Instagram secara SEO agar Instagrammu makin luas jangkauannya. Jadi, bagaimana, siap untuk mengoptimalkan Instagram-mu? Yuk optimalkan Instagram-mu agar lebih luas dalam menjangkau audien dan pelanggan di bisnismu.

Baca artikel juga: [Cara Membuat Desain Logo Hanya dengan AI]

Kamu Nggak Punya Waktu untuk Mengoptimalkan Konten Instagram Bisnismu?

Berdikari Media siap membantu! Kami menawarkan Jasa Social Media Management untuk optimalkan Instagram bisnismu. Kami terdiri dari tim desain yang akan membuat feed instagram-mu menjadi lebih eye-catching dengan perpaduan copywriting yang efektif.

Tidak hanya itu, kami juga akan melakukan riset konten, pengoptimalan SEO, riset hashtag, menjadwalkan pemostingan, hingga report bulanan terkait performa akunmu.

Kami telah melayani berbagai pengelolaan akun media sosial, baik dari bisnis makanan (FnB), furniture, kecantikan, hingga fashion. Untuk lebih lengkapnya, kamu dapat melihat portofolio kami di sini.

Optimalkan Instagram Bisnismu Bersama Berdikari Media

Yuk, #SobatBerdikari optimalkan branding bisnismu di Instagram agar lebih luas dan bertumbuh. Jika kamu telah berniat untuk membawa bisnismu menuju ke #NextLevel, jangan tunda lagi! Segera hubungi kami, Tim Berdikari Media untuk konsultasi lebih lanjut melalui melalui Call/Whatsapp di 0812-3329-9937!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top