5+ Cara Branding Produk di Sosial Media

Cara Branding Produk di Sosial Media

Saat ini, branding produk di sosial media bukan hanya menjadi sebuah pilihan, melainkan sebuah keharusan. Mengapa? Sebab, dengan kepesatannya, sosial media akan membantu branding produk secara lebih cepat dan besar kemungkinan dalam membangun kesadaran merek di kalangan masyarakat. Namun, mungkin kamu bertanya-tanya, bagaimana cara memulai branding produk di sosial media yang dijamin efektif?

Nah, tepat sekali, di sini kita akan meneruskan pembahasan kita terkait branding. Jika sebelumnya kita membahas tentang apa itu branding hingga jenis-jenisnya, kali ini kita akan membahas tentang cara branding produk di sosial media yang efektif. Jadi, mari baca sama-sama!

Cara Branding Produk di Sosial Media

1. Identifikasi Identitas Brandmu

Hal pertama yang perlu #SobatBerdikari lakukan sebelum membangun branding produk di sosial media adalah dengan menentukan identitas brandmu. Bagaimana caranya? Sebagai referensi kamu dapat kembali merepresentasikan terkait logo dan ciri khas warna brandmu.

Selain itu, kamu juga dapat menentukan tentang apa targetmu dari brandmu, nilai-nilai yang akan kamu sampaikan, serta siapa targetmu. Dengan melakukan identifikasi terkait identitas brand, ini akan memudahkanmu dalam menentukan konten seperti apa yang akan dibuat. Ini bisa meliputi, pemilihan content pillar, konten visual, dan tone of voice dari brandmu.

2. Pilih Platform yang Tepat

Langkah kedua adalah memilih platform yang tepat. Kita sama-sama tahu bahwa saat ini sudah banyak platform yang tidak hanya sebagai ajang menyebarkan informasi, komunikasi, tetapi juga sebagai ajang branding.

Namun tentunya, setiap platform media sosial memiliki keunggulannya masing-masing. Dan kamu, bisa memilihnya sesuai kebutuhan dan tentunya sesuai dengan identitas brandmu.

Sebagai contoh, kamu memiliki bisnis di bidang makanan atau minuman kekinian dengan target anak muda. Kamu dapat menggunakan platform yang sering digunakan anak muda, seperti Tiktok atau Instagram. Sebab, kedua platform inilah yang sering digunakan oleh anak muda. Terlebih lagi dengan dukungan visual yang menarik sangat mendukung dalam mem-branding produk-produk kekinian yang mengandalkan image visual menarik.

3. Buat Konten yang Menarik dan Relevan

Setelah menentukan platform yang digunakan, tentunya jangan lupa untuk membuat konten yang menarik dan tentunya relevan. Dalam branding di sosial media, konten menjadi kunci utama dalam menentukan berhasil atau tidaknya sebuah proses branding.

Adapun tips yang dapat kamu lakukan untuk membuat konten yang tidak hanya menarik dan relevan, tetapi juga informatif dan berkualitas. Pertama, dengan visual yang menarik. Kamu dapat menggunakan foto-foto atau video yang berkualitas.

Kedua, teknik storytelling dan copywriting yang menarik. Kamu dapat menggunakan kedua teknik in secara bersamaan, lho. Kamu dapat menyampaikan pesan-pesan, mengilustrasikan suatu hal, atau membangkitkan emosi audienmu dengan teknik ini.

Ketiga, jangan lupa untuk memanfaatkan fitur-fitur di sosial media. Setiap sosial media memiliki beragam fitur yang dapat menunjang kontenmu, baik itu untuk konten gambar, video, bahkan live. Jika kamu dapat menggunakan fitur-fitur pada sosial media dengan baik, tentu akan menjadi peluang dalam menarik perhatian audienmu.

4. Konsisten dalam Branding dan Share

Hal penting berikutnya yang perlu diperhatikan adalah konsisten. Konsisten di sini meliputi dua hal, yaitu terkait branding produk dan share konten di sosial media. Konsisten dalam branding produk adalah dengan menggunakan logo, warna, tone of voice brand, dan lain sebagainya secara konsisten. Dengan begitu, identitas merek yang terbangun akan lebih kuat dan dapat membangun kepercayaan dan loyalitas konsumen.

Selanjutnya, tak kalah penting juga untuk membangun kekonsistenan dalam share atau membagikan konten di sosial media. Semakin kita sering membagikan konten yang relevan di sosial media, maka audien pun akan semakin mengenal dan mengingat produk kita.

5. Bangun Interaksi dengan Audien

Sosial media bukan hanya tentang memposting konten, tetapi juga tentang interaksi. Kamu dapat menjawab komentar dan pesan dari audiens kamu. Ini menunjukkan bahwa kamu peduli dengan mereka dan dapat membangun loyalitas brand.

Adapun beberapa cara untuk membangun interaksi dengan auidien, seperti dengan membalas komentar dan pesan secara cepat, mengadakan sesi tanya jawab, baik itu di stories atau live Instagram, Facebook, atau TikTok.

Selain itu, jangan lupa untuk menggunakan fitur-fitur di sosial media yang kamu gunakan, baik itu polling, kuis, dan lain sebagainya. Hal ini akan sangat membantu dalam meningkatkan interaksi dengan audiens.

6. Berkolaborasi dengan Influencer

Jika kamu memiliki budget lebih, kamu bisa mencoba peluang dengan bekerjasama bersama influencer. Tapi, kamu perlu memastikan bahwa influencer yang kamu pilih sesuai dengan niche dari brandmu.

Selain memilih influencer dengan followers yang banyak, perhatikan juga bahwa pengikut mereka sesuai dengan target market dari bisnismu, serta memiliki engagement yang baik. Dengan bekerja sama dengan influencer, akan membantu brandmu dalam menjangkau audien dan pasar yang lebih luas.

7. Analisis dan Evaluasi

Terakhir, penting untuk menganalisis kinerja konten kamu di sosial media. Gunakan fitur-fitur alat analitik yang tersedia di setiap platform untuk melihat metrik seperti engagement rate, reach, dan conversion rate. Dengan analisis ini, kamu dapat mengetahui apa yang berhasil dan apa yang perlu ditingkatkan.

Adapun tips untuk mengetahui keberhasilan branding produk di sosial media, dapat meliputi:

Mengukur Keterlibatan (Engagement)

Perhatikan jumlah dan jenis interaksi yang terjadi pada postingan seperti like, komentar, dan share. Ini dapat memberi gambaran seberapa menarik konten bagi audiens. Selain itu, ini juga dapat membantu dalam mengidentifikasi jenis konten yang paling efektif dan menarik perhatian audien.

Mengukur Jangkauan (Reach)

Amati seberapa banyak orang yang melihat postingan atau kontenmu. Jangkauan yang lebih luas bisa menandakan bahwa brandingmu berhasil menarik perhatian.

Perbandingan dengan Kompetitor

Bandingkan performa brandingmu dengan pesaing sejenis di media sosial. Bagaimana peringkat akunmu dalam hal keterlibatan, jumlah pengikut, atau tingkat interaksi dibandingkan dengan mereka?

Konversi
Amati dan pantau jumlah pengikut yang berubah menjadi pelanggan setelah melihat konten brandmu di sosial media. Konversi yang tinggi dapat menunjukkan bahwa strategi branding-mu efektif. Selain itu, juga perhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi konversi seperti jenis konten, atau tawaran yang paling efektif dalam mendorong konsumen dalam mengambil tindakan.

Feedback dari Pengguna

Secara aktif, kamu juga dapat mencari umpan balik dari pengguna atau pelanggan tentang kesan mereka terhadap merekmu di media sosial. Ini bisa dari komentar langsung, pesan pribadi, atau survei. Apakah tanggapan umumnya positif, negatif, atau netral terhadap merek atau produkmu? Ini dapat memberi wawasan tentang bagaimana merekmu diterima oleh masyarakat. Selain itu, gunakan feedback tersebut untuk melakukan perbaikan dan penyesuaian dalam strategi branding-mu untuk kedepannya.

8. Menggunakan Jasa Branding Sosial Media

Ups! Masih terlewat satu ternyata. Yups, menggunakan jasa branding sosial media. Mungkin ini adalah cara yang sering terabaikan dan bahkan tak terpikirkan. Padahal, dengan menggunakan jasa ini, kamu akan mendapatkan banyak keuntungan, salah satunya adalah dapat menghemat waktu dan tenaga.

Dengan memanfaatkan jasa ini, kamu akan dibantu oleh tim-tim yang berpengalaman, seperti desainer yang akan menciptakan visual brand atau produkmu secara menarik dan tentunya relevan. Selain itu, terdapat pula tim copywriter yang akan membuat konten dan copywriting yang menarik dan magnetis.

Tidak hanya sekedar membuat konten, tim jasa branding sosial media juga akan membantumu dalam menganalisis dan evaluasi, konten brandmu. Ini akan membantu dalam menentukan jenis konten apa yang sesuai, target yang dituju, dan lainnya. Selain itu, kamu juga akan mengetahui bagaimana perkembangan sosial media brandmu.

Berdikari Media Melayani Jasa Branding Produk Sosial Media

Untuk membantu mencapai branding produkmu di sosial media yang efektif, Berdikari Media siap membantu. Sebagai mitra digital agency yang berpengalaman, kami telah membantu banyak klien dalam melakukan branding brand dan produk mereka di sosial media, terutama Instagram.

Hubungi kami sekarang di 0812-3329-9937 untuk mendapatkan konsultasi gratis dan mari memulai memaksimalkan branding produkmu di sosial media. Tunggu apa lagi? Persiapkan bisnismu untuk menjadi #NextLevel!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top