Tidak hanya seorang individu saja yang memerlukan identitas. tetapi perusahaan juga memerlukan identitas, menjelaskan secara detail tentang perusahaan tersebut, seperti posisi, tujuan, pelayanan, dll.

Tapi sayangnya, Tak jarang sebuah perusahaan yang telah berdiri tapi tidak memiliki Company Profile, padahal hal ini sangat penting sekali. Karena dengan adanya company profile bisa menjelaskan diri secara umum tentang perusahaan tersebut.

Kali ini kami akan berbagi untuk Anda semua bagaimana cara membuat company profile yang baik dan benar sesuai pengalaman kami di Berdikari Media dalam menangani Klien salah satu service kami di Jasa Pembuatan Desain Company Profile.

Artikel ini sangat cocok untuk Anda yang bingung butuh referensi materi/narasi sampai desain company profile yang elegan dan profesional.

Tapi, sebelumnya kita mengetahui lebih detail dulu ya, pengertian tentang Company Profile.

Apa Itu Company Profile?

Company Profile merupakan ringkasan atau deskripsi mengenai perusahaan dan mencerminkan kinerja atau kualitas dari perusahaan tersebut.

Company profile sering juga disebut sebagai compro, merupakan jiwa perusahaan yang menggambarkan diri perusahaan secara umum, sejarah berdirinya perusahaan, apa yang perusahaan lakukan, apa tujuan perusahaan, bagaimana perusahaan ingin dikenal di publik, layanan apa yang ditawarkan oleh perusahaan, dll.

Intinya mengenai informasi umum perusahaan secara menyeluruh. Company profile identik sebagai kerangka dasar menjalankan proses bisnis dalam perusahaan. Maka dari itu, harus mencakup identitas diri, sejarah, visi, misi, nilai, tagline, dan produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan.

Manfaat & Keuntungan Mempunyai Company Profile

  • Merepresentasikan identitas perusahaan dengan jelas
  • Meningkatkan kredibilitas dan profesionalisme perusahaan
  • Menjadi media komunikasi terbaik bagi perusahaan kepada semua pihak yang membutuhkan
  • Menjadi tools marketing, media branding dan publikasi

Karena Keberadaan profil perusahaan ini sangatlah penting. Maka dari itu pembuatannya harus dipersiapkan secara matang bahkan jika diperlukan harus dipercayakan kepada jasa pembuatan company profile profesional, supaya hasilnya lebih maksimal.

Hal yang di perhatikan Pembuatan Company Profile

1. Memiliki desain yang menarik, profesional dan elegan. Sesuaikan warna yang digunakan dengan logo perusahaan sehingga branding lebih kuat.
2. Pastikan penyusunan dan isi terlihat rapi dengan jelas.
3. Mencakup poin-poin penting mengenai perusahaan supaya bisa menjadi sumber informasi yang dapat dipercaya
4. Cetak dengan material yang berkualitas
5. Sertakan foto, gambar, atau ilustrasi yang dapat mempermudah menjelaskan informasi agar mudah dipahami pembaca.

Cara Membuat Company Profile yang Menarik, Bagus dan Profesional

Company Profile yang baik adalah alat yang efektif untuk menjelaskan rincian informasi penting tentang perusahaan. Sehingga pembaca mudah mempelajari perusahaan anda secara umum mengenai kinerja dan prestasi perusahaan anda.

Sebenarnya, Tidak ada standard yang baku dalam pembuatan profil perusahaan, tergantung pada kebutuhan dan tujuan perusahaan masing-masing. Akan tetapi, agar profil perusahaan yang anda buat nantinya bisa mewakili dan memperkenalkan identitas perusahaan dengan baik.

Memiliki tampilan company profile yang bagus tentu akan lebih menarik perhatian seseorang untuk membaca dan mengetahui isi dari company profile Anda. Maka berikut ini kami sajikan tips dan cara membuat company profile yang profesional .

Buatlah Company Profil Perusahaan Secara Singkat, Padat dan Jelas

Saat Anda berencana membuat company profile posisikan diri Anda sebagai pembaca company profile. Rata-rata orang sangat jenuh jika melihat company profile yang memiliki banyak sekali tulisan.

Memperjelas, mempersingkat materi adalah solusinya. Cobalah membuat materi company profile yang singkat, padat dan jelas. Pilih point-poitn yang Anda anggap penting yang ingin Anda sajikan kepada pembaca.

Masukan data yang Akurat dan Terupdate

Seiring berjalannya waktu, perusahaan tentu akan mengalami perubahan, mulai dari struktur organisasi, portfolio perusahaan, kegiatan operasional, laporan keuangan, dll.

Nah, maka dari itu supaya company profile Anda bisa menjual dan menarik pembaca, alangkah baiknya selalu update data Anda sesuai perkembangan dan keadaan perusahaan.

Buatlah Company Profile Sekreatif & Exclusive Mungkin

Hal pertama yang mudah sekali orang mengingat adalah Berupa Visual, ini sangat penting. Buatkan desain Company Profile yang Kreatif mungkin.

Buat pembaca saat pertama kali melihat langsung tertarik dan takjub dengan desain company profile Anda yang elegan, profesional dan menjual.

Selain itu juga perhatikan pemilihan Bahasa, gunakanlah Bahasa yang verbal dan visual. Jadikan comapny profile yang bisa membangkitkan minat, perhatian dan kesan positif. Dengan begitu akan mudah dinikmati dan diterima oleh pembaca.

Materi Isi Company Profile Perusahaan

Dalam membuat Company profil perusahaan sebaiknya disusun dengan sebaik mungkin, dari segi desain, kata-kata dan pilihan bahan yang terbaik. Nah, untuk isi compro bisa Anda ketahui di bawah ini.

1. Cover (Wajib)
Pada halaman pertama ini Berupa judul/nama perusahaan karena tempatnya didepan sebagiknya desain yang di buat dengan sebaik mungkin.

2.  Kata Pengantar (Opsional)
Kata pengantar ini tidak wajib tapi alangkah baiknya kalau disertakan juga. Biasanya inti dari kata pengantar adalah ucapan syukur atau sambutan dari pemilik perusahaan.

3. Tentang Perusahaan/Profile Perusahaan (Wajib)
Bisa dibilang inilah inti dari company profile Anda, menyajikan sejarah berdirinya perusahaan, bergerak di bidang apa, dan memaparkan profile perusahaan dengan semenarik mungkin.

4. Visi & Misi (Opsional tapi penting)
Company profile hampir semuanya tercantum visi misi. Meskipun ini sifatnya optional tapi penting untuk diisikan.

5. Produk/Layanan Jasa Perusahaan (wajib)
Untuk produk atau jasa wajib Anda cantumkan karena ini adalah pokok dari pembuatan brosur company profile agar diketahui calon konsumen, atau investor Anda paham dengan produk/layanan jasa Anda.

6. Kelebihan/Value Perusahaan (Opsional tapi penting)
Value lebih yang membedakan perusahaan Anda dengan perusahaan lain, supaya calon konsumen atau investor Anda bisa tertarik dengan perusahaan Anda.

7. Portofolio Perusahaan (Optional tapi penting)
Hasil produk Anda, atau layanan yang pernah Anda tangani selama ini. Portfolio menunjang kepercayaan perusahaan Anda di mata pembaca

8. Galeri foto (opsional)
Di bagian ini bisa Anda cantumkan foto kegiataan perusahaan Anda, foto produk, kantor perusahaan, dll.

9. Daftar Klien
Daftar klien meskipun terlihat sepele tapi ini bisa menjadi daya tarik terbesar bagi perusahaan. Sebaiknya cantumkan dengan memasangkan logo klien pada company profile.

10. Cover belakang & kontak informasi (wajib)
Berisi Nomor telepon, email, fax, website, sosial media dan kontak alamat  Hal ini untuk memudahkan pembaca untuk menghubungi perusahaan Anda.

Contoh profil perusahaan

Berikut contoh desain buku company profile yang telah kami kerjakan di Berdikari Media Digital Agency. Anda dapat melihat detail studi kasus dan isi profil melalui daftar proyek kami.

Penutup

Cukup sekian informasi yang bisa kami sampaikan untuk Anda tentang Cara Membuat Company Profile yang baik, menarik dan profesional. Semoga sedikit sharing kami ini bisa bermanfaat untuk Anda yang sekarang ini sedang menyusun company profile perusahaan.

Di dalam proses pembuatan company profile Anda memiliki kendala, itu hal yang sangat wajar. Karena membuat company profile yang profesional itu bukan sesuatu hal yang mudah. Terkadang sulit menyusun materi, bahkan sampai konsep desain.

Jika, sekarang ini Anda memiliki kesulitan, Anda bisa mengubungi team kami Berdikari Media Digital Agency dengan kontak yang telah kami sediakan dalam website ini. Kami akan membantu Anda membuatkan company profile sesuai kebutuhan dan tujuan Anda.

Frequently Ask Question

(Pertanyaan yang sering di tanyakan oleh Customer dalam pembuatan company profile) 

Berapa jumlah halaman pembuatan company profil perusahaan?

Sebenarnya Tidak ada batasan jumlah halaman secara khusus. Tapi lebih baik jumlah halamannya genap atau kelipatan 4 supaya mudah dan bagus saat dicetak menjadi buku.

Berapa ukuran standar pencetakan Company Profile?

Ukuran yang paling banyak dan umum digunakan adalah kertas A4, bisa dalam format portrait maupun landscape.

Kertas apa yang bagus digunakan untuk mencetak profil perusahaan?

Jenis kertas bisa menggunakan Art paper/ matte paper 120-150 gsm dengan finishing glossy. Kertas ini mengkilap, dan sangat cocok digunakan untuk menunjukkan kesan eksklusif pada buku company profile Anda.

Dimana tempat desain company profile yang bagus dan profesional?

Pada dasarnya jika anda ingin mendesain company profile yang bagus, sesuai brand dan berstrategi maka agensi Berdikari Media Digital Agency jawabannya. Di Berdikari Media melayani desain company profile tidak hanya dalam bentuk buku tetapi juga website dan video. Tim kreatif kami siap membantu Anda supaya profil perusahaan anda lebih kreatif, menarik & profesional.

Berapa harga desain company profile Berdikari Media?

Harga pembuatan company profile kami menyesuai dengan brief yang Anda berikan, sesuai kesepakatan. Kami akan membantu desain konsep company profile sesuai tujuan dan goals perusahaan Anda. Untuk informasi lebih lengkap bisa mengunjungi halaman kami disini Jasa Desain Company Profile.

Segera konsultasi lebih lanjut terkait company profile perusahaan Anda dengan menghubungi marketing kami melalui call/ whatsapp di 0812-3329-9937!