7 Manfaat Dahsyat Digital Agency untuk Bisnis Anda

PERKEMBANGAN zaman mengantarkan kita pada era digital. Apa-apa serba digital: orang-orang saling bertegur sapa melalui media sosial, pusat perbelanjaan beralih menjadi virtual (marketplace), memesan segala sesuatu hanya bermodalkan sekali ‘klik’ dan barang akan sampai ke rumah kita dengan selamat—tanpa perlu wira-wiri, tanpa perlu repot-repot mendatangi toko ini atau toko itu. Cukup di rumah saja.

Digitalisasi telah merebak ke berbagai macam sektor kehidupan manusia—termasuk bisnis. Dalam dunia bisnis, ‘perkembangan’ adalah sesuatu yang mutlak dilakukan. Sebab, pilihannya cuma ada dua: mengikuti zaman atau mati. Tentu saja kita tidak menginginkan pilihan kedua. Mau tak mau, bisnis mesti merambah ke dunia digital, dari displaying produk secara digital hingga menerapkan strategi digital marketing. Namun, persoalannya adalah tidak semua pelaku bisnis mahir dalam mengoperasikan komputer/ internet. Nah, di sinilah digital agency mulai bekerja.

Apa itu Digital Agency?

Digital agency secara garis besar merupakan sebuah agen (baik berupa perorangan maupun perusahaan) yang bertindak sebagai pihak ketiga dalam membantu klien (pebisnis) memasarkan produk/ jasa secara online. Jadi, boleh dikatakan bahwa job desk atau wilayah kerja digital agency ada dalam bidang pemasaran (marketing) yang meliputi: website design and development, konten marketing, iklan (ads) online berbayar, pengelolaan media sosial, pembuatan company profile, dan lain sebagainya.

Biasanya, perusahaan/ UMKM yang sedang dalam tahap pengembangan, memerlukan jasa digital agency guna memasifkan produk/ jasa mereka. Karena, owner bisnis sadar betul bahwa mereka tidak dapat secepat itu berjalan di kedua kaki. Dengan menyewa jasa para digital agency, mereka bisa lebih fokus mengurusi tata kelola perusahaan, pemberdayaan sumber daya manusia (SDM), serta mengembangkan dan meningkatkan kualitas produk.

Hal itu hanyalah segelintir manfaat dari kehadiran digital agency pada sebuah perusahaan/ UMKM. Berikut ini, kami sajikan secara detail soal mengapa harus menyewa jasa digital agency dan apa saja manfaatnya bagi perusahaan/ UMKM.

Membantu Branding Produk

Digital agency dapat membantu meningkatkan branding produk melalui promosi dan digital advertising strategy yang komprehensif dan inovatif. Mereka fokus pada targeted marketing, lead generation, dan brand development. Setelahnya, mereka mengerahkan ahli strategi untuk menganalisa pasar dan menyusun rancangan strategi marketing yang sesuai dan memadai. Sehingga, sebuah produk bisa lebih dikenal dan diterima oleh pasar.

Jangkauan Pasar Lebih Luas

Sering kali pebisnis mengalami kendala terhadap jangkauan pasar. Mereka bertanya-tanya “seberapa luas jangkauan produk kita di pasaran?” atau “jangan-jangan hanya segelintir orang saja yang mengenal produk ini”. Digital agency dapat membantu pebisnis atau pelaku UMKM untuk menjangkau pasar secara luas. Biasanya, mereka memaksimalkan SEO pada website perusahaan (guna mendatangkan lebih banyak pengunjung/ calon costumer) serta mengelola media sosial perusahaan/ UMKM dengan meningkatkan daya tariknya (sehingga lebih interest di mata calon costumer) melalui pembuatan konten.

Membantu Periklanan (Ads)

Digital agency dapat membantu memperluas jangkauan pasar (market reach) sebuah produk dari perusahaan melalui jasa kelola iklan. Mereka akan mengelola iklan pada website atau landing page dengan Google Ads, Display, kanal Youtube, iklan Facebook Ads, Instagram Ads, dan lain sebagainya. Sehingga, produk akan lebih cepat mendapatkan insight atau attensi dari masyarakat/ calon costumer.

Membantu Mengelola Website/ Media Sosial

Tidak ada perusahaan yang tidak mempunyai website dan media sosial. Digitalisasi menuntut pelaku bisnis untuk membangun “kantor kedua” di dunia digital. Website dan media sosial merupakan jaring yang ampuh dan efektif untuk menangkap calon costumer. Meski begitu, tidak semua perusahaan/ UMKM dapat konsisten mengelola dua hal di atas. Biasanya, mereka menyewa jasa digital agency untuk mengelola website (mulai dari proses pembuatan website, desain website, pengoperasian aplikasi, software, hingga maintenance) serta mengelola media sosial (mulai dari pembuatan, desain, isi konten, hingga pengoperasian dalam jangka waktu tertentu).

Up to Date dengan Trend

Trend ibarat arus sungai, jika produk kita masuk ke dalam arus tersebut, boleh jadi kemungkinan dikenal masyarakat bakal lebih cepat. Mengikuti suatu trend adalah salah tips jitu dalam memasarkan produk. Hanya saja, trend sering kali tak terukur dan cepat berubah-ubah dari waktu ke waktu. Digital agency mampu menyusun konsep marketing produk yang sesuai dengan perkembangan trend. Produk jadi lebih mudah dikenal.

Partner Kreatif Perusahaan

Digital agency merupakan pekerjaan kreatif. Kreativitas mempunyai nilai penting bagi perkembangan sebuah perusahaan. Mulai dari perancangan strategi marketing, pengiklanan online melalui Google Ads, sampai pembuatan konten website dan media sosial memerlukan orang-orang kreatif di perusahan. Kehadiran digital agency menciptakan vallue tersendiri bagi sebuah perusahaan/ UMKM demi menghadirkan kreativitas tersebut.

Membantu Pembuatan Company Profile

Dengan mobilitas kerja yang padat, owner bisnis/ perusahaan kadang kala tak sempat menyusun profil perusahaan (company profile). Digital agency mampu membantu owner bisnis dalam penyusunan dan pembuatan company profile sesuai dengan brief.

Dunia digital memang sudah berkembang pesat. Namun, ini bukanlah era final. Artinya, masih ada banyak perkembangan teknologi (digitalisasi) yang akan kita rasakan di masa depan. Peran dan fungsi digital agency juga akan mengalami perkembangan, seiring berjalannya waktu. Kehadirannya pun bakal semakin diperhatikan oleh pebisnis. Maka, jika Anda (yang membaca artikel ini) adalah seorang pebisnis atau pelaku usaha, apakah masih ragu untuk menyewa jasa kami?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top